Minggu, 02 November 2014




MODUL KKPI
MELAKUKAN KONEKSI KE INTERNET DAN
BEKERJA DENGAN INTERNET



KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan modul ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “MELAKUKAN KONEKSI KE INTERNET DAN BEKERJA DENGAN INTERNNET”

            modul ini berisikan tentang informasi melakukan koneksi ke internet dan bekerja dengan internnet atau yang lebih khususnya membahas Membahas pengertian melakukan koneksi ke internet dan bekerja dengan internet.

            Diharapkan modul ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang internet pada umumnya. Kami menyadari bahwa modul ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat  membangun selalu kami harapkan demi penyelesaian modul ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Tarakan, 23 September 2014
                               

                                Penulis





  

BAB I
PENDAHULUAN

Internet pada era 20 ini tumbuh dewasa dengan begitu cepatnya, sehingga aksesinternet kini dapat dengan mudah didapat. Akan tetapi tidak sedikit orang yang butaterhadap Internet. Buta disini bukan berate tidak bisa melihat internet. Akan tetapi belum paham betul terhadap apa yang dinamakan Internet.Maka dari itu untuk pengetahun lebih jauh tentang Internet kami menyusun makalahini. Agar dapat kami ketahui secara umumnya.







BAB II
MELAKUKAN KONEKSI KE INTERNET DAN BEKERJA DENGAN INTERNNET

A.   Sejarah Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.



B.   Pengertian Internet
Internet (interconnected computer networks) bisa didefinisikan network komputer tiada batas yang menjadi penghubung pengguna komputer dengan pengguna komputer lainnya serta dapat berhubungan dengan komputer di sebuah wilayah ke wilayah di penjuru dunia, dimana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai macam informasi serta fasilitas layanan internet browsing atau surfing. Istilah ini lebih dikenal dengan “online” di internet. Pekerjaan ini bisa di ibaratkan seperti kita berjalan-jalan di tempat hiburan sembari melihat-lihat ke toko-toko namun tidak membeli jualan tersebut.



C.   Koneksi Internet
Untuk dapat melakukan koneksi ke internet, secara umum langkah-langkah yang perlu disiapkan adalah :
a.     Siapkan seperangkat PC
b.    Modem (Modulator Demodulator)
c.    Koneksi ke internet melalui penyedia layanan akses internet atau ISP (Internet Service Provider).

B. Pengertian Modem
Sebelum melakukan instalasi modem sebaiknya kita perlu tahu dulu apa yang disebut dengan Modem. Modem singkatan dari Modulator Demodulator yang berfungsi untuk mengkonversikan data digital ke data analog dari komputer pengguna ke komputer server melalui jalur telpon, dan sebaliknya.
Modem Dial Up Jenisnya dapat dibagi 2, yaitu:
1.     Modem Eksternal
Biasanya dilengkapi dengan panel atau LED atau LCD yang menampilkan info tentang apa yang sedang dilakukan oleh modem kalian yang mana berguna untuk membantu kita permasalahan yang terjadi. Tidak menggunakan slot di dalam komputer kalian. Dapat di-nyalakan atau di-matikan secara terpisah dari komputer. Lebih mudah dipindah tempatkan (contohnya, kalian dapat menggunakan modem eksternal yang sama untuk komputer desktop ataupun laptop kalian). Di daerah yang rawan dengan masalah petir lebih aman bila menggunakan modem eksternal

2.    Modem Internal
Lebih mudah dipasang (atau menjadi mimpi yang paling buruk), biasanya lebih murah karena tidak memiliki case dan power supply terpisah, mencegah orang lain untuk bertindak iseng terhadap modem karena terletak di dalam komputer, tidak menggunakan kabel yang semerawut, menghemat tempat, dan juga menghemat biaya untuk membeli kabel serial.







BAB III
PENUTUP

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Internet (interconnected computer networks) juga bisa didefinisikan network komputer tiada batas yang menjadi penghubung pengguna komputer dengan pengguna komputer lainnya serta dapat berhubungan dengan komputer di sebuah wilayah ke wilayah di penjuru dunia.









Melakukan Instalasi untuk Koneksi ke Internet

Internet merupakan kumpulan dari jaringan komputer yang ada di seluruh dunia.
Banyak kegunaan yang menguntungkan yang didapatkan dari internet dalam semua bidang (bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi dan sebagainya), antara lain sebagai media komunikasi, promosi, esearch and development, dan pertukaran data.
Untuk menghubungkan diri ke internet, kita perlu berlangganan ke suatu penyedia jasa layanan internet (Internet Service Provider - ISP) setelah memenuhi persyaratan teknis yang meliputi hardware, instalasi setting modem, setting dial-up networking dan membuka layanan internet.
Internet Service Provider (ISP) merupakan sebuah badan usaha milik pemerintah dan swasta yang memberikan fasilitas layanan (service) hubungkan ke jaringan internet.
Untuk memulai akses ke internet (Telkomnet Instan) pada Windows 98 lakukan langkah berikut ini:
a.    Klik Start, Programs, Accessories, Communications, Dial-Up Networking
b.    Klik dua kali pada shortcut TELKOMNet yang telah dibuat pada pembahasan di atas
c.    Isi user name dan password pada halaman dialog box User name : telkomnet@instan Password : telkom
d.    Terhubung ke internet dengan klik Connect kemudian akan muncul status dial ke telkomnet instan
e.    Status dialing
f.     Status verifikasi user name dan passwordg. Status Connected yang akan muncul pada System Tray












Cara Instal Aplikasi dan Setting Koneks yang harus disiapkan Untuk bisa menggunakan internet-VPN  ini, Anda harus menyiapkan beberapa hal sbb :
1.    sebuah MODEM GSM merek apapun yang mendukung layanan 3G terutama UMTS/WCDMA/HSDPA.
2.    Sebuah KARTU GSM berstatus aktif dan telah diaktifkan fitur GPRS dan 3G-nya.
3.    Program OpenVPN yang terinstal pada komputer untuk akses internet.
4.    Sebuah akun (username & password) untuk koneksi internet-VPN yang dapat diperoleh setelah Anda pemesanan dan pembayaran.
Cara instalasi koneksi internet-VPN. Untuk melakukan koneksi internet-VPN, Anda harus melakukan beberapa langkah berikut :
1.    Lakukan instalasi program OpenVPN pada komputer Anda, lalu lakukan instalasi konfigurasi untuk OpenVPN.
2.    Restart komputer Anda dulu.
3.    Pada program pengendali modem Anda, buatlah sebuah profile baru khusus untuk koneksi internet-VPN ini, lakukan seting APN (access point network).
4.    Lakukan koneksi dengan profile (internet-VPN)di atas seperti biasanya
5.    Jika sudah terkonek, jalankan program OpenVPN GUI, ikon program OpenVPN GUI akan tampil di tray bar (kanan bawah desktop) .
6.    Pada ikon OpenVPN GUI di tray bar, lakukan klik kanan, dan klik connect.
7.    Perhatikan, saat koneksi VPN belum terjadi, ikon OpenVPN GUI berwarna merah,saat sedang berusaha koneksi ikon OpenVPN GUI  berwarna kuning, dan jika koneksi VPN berhasil dilakukan, ikon OpenVPN GUI berwarna hijau. (jika masih gagal melakukan koneksi/browsing, lakukan restart koneksi : mengulang koneksi modem dan openVPN GUI-nya)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar